Penorama wisata Currug Malela

 

Hari minggu nampaknya hari yang sagat dinanti-nantikan oleh semua anak sekolahan, termasuk juga saya sendiri dan teman – teman.

Hari minggu ini merupakan hari yang sangat berharga sekaligus hari yang dinanti-nantikan oleh saya dan teman-temanku.

Dari awal kami berencana untuk rekreasi ke sebuah tempat wisata di kawasan Kabupaten Bandung Barat, Tepatnya di Desa Cicadas Kecamatan Rongga.

Pagi-pagi kami berangkat menggunakan kendaraan roda dua/sepeda motor dengan pemandu jalan yang sudah pernah beberapakali berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Curug Malela, sebutannya…Suatu objek wisata yang dulunya terpencil dan sangat jarang atau kurang berminatnya orang yang berkunjung kesana dikarenakan lokasinya agak jauh dari perkotaan atau dari keramaian masyarakat dan yang lebih parah lagi jalannya kurang baik atau buruk sekali,

Perjalanan yang cukup menguras tenaga tersebut kami lewati tahap demi tahap, awalnya dari Desa Sirnajaya Kecamatan gununghalu, kami melaju perjalanan melewati beberapa daerah yaitu desa bunijya, , desa cibedug, terus melewati hamparan kebun teh yang luas sampai akhirnya ke desa cicadas kec. Rongga.

Satu demi satu daerah itu kami lalui, awalnya dari desa sirnajaya lumanya jalannya cukup bagus dan nyaman untuk di lalui kendaraan sampai ke desa bunijaya lanjut ke desa cibedug jalannya juga cukup bagus. Sampai di perbatasan desa cicadas kami mulai melewati jalan yang begitu rumit, dengan bebatuan yang sangat terjal menghiasi laju’y perjalanan kami sampai-sampai di ujung jalan menuju Curug malela tersebut.

Allhamdullilah kami berhenti sejenak sambil mengucap syukur kepada alloh yang telah memberikan kami kesempatan kami lewati tahap demi tahap, awalnya dari Desa Sirnajaya Kecamatan gununghalu, kami melaju perjalanan melewati beberapa daerah yaitu desa bunijya, , desa cibedug, terus melewati hamparan kebun teh yang luas sampai akhirnya ke desa cicadas kec. Rongga.untuk sampai ke tempat ini. Rasa capek belum reda dan nafas masih ngos-ngosan tidak menjadi akhir perjalanan kami….. kami terus berjalan menelusuri jalan setapak untuk menuju ke curug malela tersebut, sampai akhirnya kami sampai di puncak, Subhanalloh (serentak kami semua berucap syukur) ternyata curug yang selama ini menjadi pembicaraa setiap orang tersebut ternyata memang indah sekali…..
Tidak sabar kami pun segera melanjutkan perjalanan untuk menuju ke curug malela tersebut. Jalan yang licin serta (mudun, dalam bahasa sundanya) itu kami lalui dengan penuh ketelitian serta hati-hati.. di bawah puncak terdapat gubuk atau (saung) yang tersedia untuk beristirahat sejenak… tak menunggu lama kami pun terus melanjutkan perjalanan melewati tebing-tebing bebatuan serta tebing-tebing tanah yang rawan akan terjadinya longsor…

1/5 KM dari tempat tujuan, curug tersebut sudah menyemburkan embun-embun air yang terbawa angin sehingga membuat sejuk suasana…. Tak mau menunggu kami pun terus melanjutkan perjalanan.

Akhirnya kami sampai juga di tempat tujuan….. dan ternyata saya beserta teman-teman sangat terkagum-kagum melihat dekat indahnya curug malela tersebut…. Perjalanan kami yang sangat melelahkan terbayar sudah dengan melihat keindahan serta pemandangan curug malela  tersebut…
..

Kesan-kesan yang menarik buat saya yaitu selama dalam perjalanan penuh liku-liku serta jalanan yang sangat buruk dilalui, tapi akhirnya terbayar sudah dengan keindahan serta panorama alam curug malela…..

Hanya yang saya sesalkan, kenapa Tempat Wisata Curug Malela tersebut belum di kondisikan sebagaimana tempat-tempat wisata yang lain. Padahal curug malela merupakan satu asset besar buat pemerintah kota khususnya daerah tersebut, pantas orang-orang berfikir dua kali untuk mengunjungi tempat wisata curug malela dikarenakan kondisi jalan yang sangat buruk serta lokasinya yang jauh dari keramaian masyarakat dan juga kurang mencolok dari perhatian pemerintah kota.

dari itu kami selaku siswa dari SMA Negeri 1 cililin kab. Bandung Barat mengajak mari kita lestarikan panorama wisata tersebut sebagai salah satu tempat wisata andalan bagi wilayah khususnya kabupaten bandung barat.

By.Adang iskandar.woddpress.com

Advertisements

One thought on “Penorama wisata Currug Malela

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s